Ppmimesir.or.id, Kairo—Melihat pentingnya fungsi kesekretariatan di tubuh organisasi, Kemenko V PPMI Mesir berinisiatif mengadakan Pelatihan Intensif Kesekretariatan dengan mengusung tema “Optimalkan Kesekretariatan, Implementasikan Fungsi Organisasi”. Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, sejak Senin (22/11/2021) hingga Rabu (24/11/2021) di Aula Wisma Nusantara, Rab’ah.
Pelatihan kesekretariatan ini ditujukan kepada organisasi pelajar dan mahasiswa di Mesir, seperti kekeluargaan, afiliatif, senat, almamater, maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Tak hanya sebagai wadah untuk upgrading skill kesekretariatan, pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan Simbada PPMI Mesir, agar database anggota tiap organisasi di Mesir saling terintegrasi sehingga memudahkan pendataan.
Melalui sambutannya pada acara pembukaan, Ahsanul Ulil Albab selaku Presiden PPMI Mesir mengungkapkan bahwa kesekretariatan memiliki posisi yang penting dalam roda organisasi, “Jika diibaratkan bahwa seorang ketua adalah kepala sebuah organisasi, maka sekretaris adalah jantungnya. Bahkan seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan tentang kesekretariatan agar sebuah organisasi lebih terstruktur dan terarah,” tuturnya.
Diampu oleh dua pemateri yang kompatibel, yaitu Mush’ab Syaifullah dan Prima Rahmadi Ismawan, pelatihan ini mengundang antusiasme para peserta. Pada hari pertama, Mus’ab Syaifullah memberikan materi seputar fungsi dan kompetensi sekretaris yang berbeda-beda tergantung apa yang dibutuhkan oleh lembaga terkait. Dia juga menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan fungsi kesekretariatan di masa kini.
Lalu pada hari kedua dan ketiga, Prima Rahmadi mengajak para peserta untuk mengimplementasikan fungsi-fungsi kesekretariatan pada lembaga masing-masing. Mulai dari penyusunan berbagai macam laporan, manajemen arsip hingga manajemen rapat dan kegiatan. “Pada jaman digital seperti sekarang, sudah seharusnya seorang sekretaris memaksimalkan Google Drive dan Google Calendar untuk menyimpan fail penting dan mengatur kegiatan organisasi,” pungkasnya.
Di akhir sesi pelatihan, para peserta diminta satu per satu untuk memberikan kesan dan pesan selama mengikuti pelathan ini. Salah satu peserta, Al Farizi mengaku mendapat banyak manfaat dari pelatihan ini untuk diterapkan dalam organisasinya, “Saya jadi tahu bahwa sekretaris tak hanya sebagai tenaga pendukung administratif saja, namun lebih luas dari itu,” ucapnya.
Reporter: Nadzril Fatha Madina
Editor: Mariah Qibtiah